WAWANCARA HUMAN INTEREST | Jangan Takut DONOR DARAH

       
       Donor darah, hal kecil namun sangat lah berarti bagi banyak orang. Diantara kita pasti sudah banyak yang pernah mendonorkan darahnya baik itu untuk keluarga atau memang menjadi pendonor tetap di Palang Merah Indonesia (PMI). Namun, masih banyak juga yang belum mendonorkan darahnya. Biasanya alasan yang membuat seseorang belum mendonorkan darahnya adalah takut akan jarum.

        Seperti kawan kita satu ini Septiana Rachman (20). Tanggal 10 Oktober 2017 mendatang dikampusnya akan mengadakan acara donor darah, keinginan dirinya untuk mendonorkan darahnya sangatlah besar. Pengetahuan dirinya akan manfaat dari donor darah pun juga banyak. Dirinya pun sering membaca artikel-artikel yang membahas manfaat dari donor darah. Namun, tak dapat dipungkiri rasa takut akan jarum dan sakit membuat dirinya dilema untuk mendonorkan darahnya. “Tanggal 10 Oktober nanti di kampus ku akan ada acara donor darah. Setiap ada acara donor darah entah itu di kampus atau di deket rumahku, ya aku sih mau banget ya. Apa lagi donor darah tuh banyak manfaatnya kan ya. Aku sering banget tuh baca artikel tentang manfaat donor darah. Katanya bisa memperpanjang umur, walaupun umur udah ditentuin tuhan ya mungkin karena kita donor darah dan itu baik untuk kesehatan jadi bisa bikin umur kita panjang. Terus kataya bisa juga ngurangin berat badan. Tapi aku kan agak takut jarum ya jadi antara mau sama gak mau deh. Mau bantu orang ya past banget mau tapi gak maunya ya itu dia karena takut jarum hehehe” tuturnya.

           Dirinya pun juga menyarankan kalau donor darah bukan hanya ketika ada keluarga yang membutuhkan, sebisa mungkin kita rutin per tiga bulan sekali dan menjadi pendonor tetap agar manfaat dari donor darah bisa kita dapat dan PMI tidak kekurangan stok darah. “Acara donor darah seperti ini kan gak melulu ada ya. Nah kalau bisa sih kita itu jadi pendonor tetap tuh di PMI. Jadi per tiga bulan sekali kita donor darah dan jangan donor darah pas ada keluarga yang membutuhkan aja. Supaya banyak nyawa terselamatkan. Kan jadi pahala juga buat kita” tuturnya. Selain menyarankan orang-orang untuk menjadi pendonor tetap, dirinya pun juga mengharapkan agar Palang Merah Indonesia (PMI) tidak lagi kekurangan stok darah. “Aku juga berharap semoga ketakutan aku sama jarum bisa aku atasin dan aku bisa menjadi pendonor tetap biar bisa bantu orang banyak supaya PMI enggak kekurangan stok darah dan semoga semakin banyak masyarakat Indonesia yang menjadi pendonor darah tetap di PMI” tuturnya.

Comments

Popular Posts