OBAT BATUK TRADISIONAL | JERUK NIPIS

Akhir-akhir ini, cuaca sangat tidak stabil. Kadang panas kadang hujan. Hal-hal seperti itulah yang menyebabkan menurunnya metabolisme seseorang, sehingga menjadi mudah terserang penyakit. Udara yang kotor serta makanan yang tidak sehat, juga menjadi faktor pendukung lain penyakit menyerang tubuh kita. Batuk dan pilek contohnya, dua hal tersebut sangatlah mudah hadir dikala cuaca sedang tidak stabil. Oleh karena itu kita perlu menambah vitamin ataupun cairan yang dapat menjaga metabolisme kita agar tidak mudah terserang penyakit.

Terkadang, beberapa orang merasa takut untuk mengkonsumsi vitamin-vitamin yang berfungsi menjaga metabolisma tubuh karena mereka berpikir akan menyebabkan ketergantungan. Alam selalu memiliki jawaban atas segala hal pertanyaan yang kita butuhkan. Hal seperti itulah yang sering tidak disadari oleh kita.

Dahulu, para orang tua ketika obat-obatan kimia belum dikenal luas dan tidak diketahui oleh banyak orang. Mereka selalu memanfaatkan tumbuhan yang ada disekitar mereka sebagai obat. Tak jarang, para orang tua akan mewarisi obat-obatan yang berbahan dasar alami kepada anak dan cucunya, karena mereka percaya bahwa obat-obatan yang berasal dari alam tidak memiliki efek samping yang berbahaya.

Seperti jeruk nipis, mungkin saat ini kita hanya mengetahui jeruk nipis adalah bagian dari bumbu dapur. Kita hanya menggunakan jeruk nipis sebagai campuran bahan masakan. Tetapi kita tidak mengetahuinya bahwa jeruk nipis pun memiliki manfaat untuk kesehatan.

Dibalik rasanya yang asam, jeruk nipis atau dengan nama latinnya citrus aurantifolia mengandung minyak atsiri dan berbagai macam zat yang berguna untuk melemaskan otot-otot saluran pernapasa. Jeruk nipis juga berkhasiat sebagai obat penurun panas, suara serak, tenggorokan gatal dan berbagai macam gejala ketika kita terserang batuk. Oleh sebab itu orang tua zaman dahulu sering menggunakan jeruk nipis untuk mengobati batuk. Bahkan hingga saat ini, mereka tetap menggunakannya meskipun obat-obatan sudah banyak dengan menawarkan sembuh dengan sesaat.


Lalu bagaimana cara membuat obat batuk tradisional berbahan jeruk nipis tersebut?

Bahan-bahan:
  1.       Jeruk nipis (1 buah)
  2.       Kecap manis

Cara pembuatan
  1.  Potong jeruk nipis, lalu diperas menjadi 1 (sendok makan)
  2.  Campurkan air perasan jeruk nipis dengan kecap manis sebanyak (± 3 tetes)
Minum sebanyak 3 (tiga) kali sehari. Jika dalam kurun waktu 3 (tiga) hari batuk tidak kunjung sembuh. Segera kunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Comments

Popular Posts